BLOG & ARTIKEL

PERBEDAAN BELAJAR SENDIRI DENGAN MENGIKUTI BIMBINGAN BELAJAR

Halo Sobat Smart! bagaimana cara kamu belajar selama ini? Apakah kamu belajar sendiri atau mengikuti bimbingan belajar? Mungkin tidak banyak siswa atau siswi yang mengikuti bimbingan belajar. Tapi, beda ceritanya di momen mendekati SPMB PKN STAN. Siswa dan siswi berbondong-bondong mengikuti bimbingan belajar untuk memperdalam materi yang akan diujikan. Apakah kamu adalah salah satu orang yang akan mengikuti SPMB PKN STAN?

Kalau kamu masih ragu-ragu dalam mempertimbangkan sistem belajar sendiri di rumah dengan mengikuti bimbingan belajar, maka Smartpro Education akan memaparkan berbagai keuntungan dan kerugian dari masing-masing sistem belajar, yakni belajar sendiri di rumah dan mengikuti bimbingan belajar:

BELAJAR DI RUMAH

Kelebihan:

  1. Tidak terikat waktu

Kalau kamu memilih belajar di rumah, maka kamu bisa mengatur waktu yang cocok untuk belajar. Dengan begitu, kamu akan terlatih untuk memanajemen waktu dengan baik dan menggunakan waktu secara efisien untuk belajar.

  1. Bisa melatih kemandirian

Dengan belajar sendiri di rumah, kamu bisa melatih kemandirian. Sebab, selain kamu harus mengatur waktu sendiri, kamu juga harus mengatur materi yang akan kamu pelajari. Kamu bisa mencari informasi sendiri di buku atau media online untuk menambah pengetahuanmu.

  1. Menghemat pengeluaran

Belajar di rumah akan membuat kamu menghemat pengeluaran. Kamu tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk membayar biaya bimbingan belajar yang cukup mahal. Selain itu, kamu bisa menghemat uang transportasi karena kamu tidak perlu berpindah ke tempat tertentu untuk belajar.


Baca juga : "Takut gagal SPMB? simak berikut ini!"

Kekurangan:

  1. Konsentrasi mudah terpecah

Konsentrasi mudah terpecah akibat gangguan dari diri sendiri atau orang sekitarmu. Untuk kamu yang tidak tinggal sendiri, kamu perlu menjaga konsentrasi bila keluargamu melakukan aktivitas lain di sekitarmu. Sedangkan gangguan dari dirimu sendiri terjadi ketika kamu mengabaikan waktu belajar untuk mendekati media hiburan. Sebab, di rumah, kamu bisa melakukan apapun yang kamu mau, dari menonton televisi sampai membaca komik.

Untuk mengatasi semua masalah tersebut, alangkah baiknya bila kamu mencari tempat tenang di rumahmu yang terhindar dari gangguan. Selain itu, ingatkan dirimu sendiri untuk fokus belajar. Media hiburan bisa kamu dekati ketika kamu merasa jenuh atau lelah.

  1. Mencari jawaban sendiri

Karena kamu belajar sendiri, ada kalanya kamu merasa kesulitan dalam memahami materi atau mengerjakan soal latihan, padahal kamu tak punya tempat untuk bertanya. Bila kamu bertanya pada teman melalui media komunikasi, bisa terlalu rumit untuk memberikan penjelasan yang panjang lebar, serta kamu belum tentu memahami penjelasannya. Otomatis kamu harus mencari jawaban sendiri atau menunggu keesokan hari ketika kamu bertemu temanmu, guru, atau orang lain yang sekiranya memahami.

MENGIKUTI BIMBINGAN BELAJAR

Kelebihan:

  1. Mendisiplinkan diri

Saat kamu mengikuti bimbingan belajar, mau tak mau kamu harus mengikuti jadwalnya dan mendatangi tempatnya secara rutin. Dari hal tersebut, kamu bisa berlatih untuk mendisiplinkan dirimu. Tidak hanya itu, bimbingan belajar akan membuat kamu berfokus pada materi yang diberikan. Kamu pun bisa terhindar dari gangguan atau rasa malas yang mungkin datang bila kamu belajar di rumah.

  1. Memberi materi secara sistematis dan ringkas

Umumnya bimbingan belajar akan memberikan materi secara sistematis dan ringkas seperti semua materi SPMB PKN STAN dari kelas satu hingga kelas tiga. Terkadang bimbingan belajar juga memberikan tips dan rumus cepat dalam memecahkan soal latihan. Hal tersebut membuat kamu lebih maju dan siap sejak dini dalam menguasai materi, bahkan sebelum materi tersebut kamu dapatkan di sekolah. Tidak hanya itu, sekarang kamu bisa menemui beberapa bimbingan belajar yang memberikan informasi-informasi terkini mengenai SPMB PKN STAN.

  1. Melatih anak untuk bersikap aktif

Beberapa anak merasa malu untuk bertanya pada guru di kelas. Sebab, dia merasa malu bila hanya dirinya sendiri yang belum paham di antara teman-temannya. Berbeda dengan bimbingan belajar. Kamu bisa bertanya pada mentor di bimbingan belajar bila kamu belum memahami materi yang diberikan. Dengan begitu, kamu bisa melatih dirimu untuk menjadi orang yang aktif dan percaya diri

Kekurangan:

  1. Membayar biaya yang cukup mahal

Untuk mengikuti bimbingan belajar, umumnya mereka mematok biaya yang cukup mahal pada orang-orang. Akibatnya, tidak semua orang dapat mengikutinya. tapi ketika kamu berhasil masuk kampus yang kamu impi-impikan dan di inginkan sejak lama, harga yang begitu mahal tidak ada apa-apanya dibanding kelulusan kamu iya kan?.

  1. Suasana belajar cukup tidak kondusif bagi sebagian orang

Beberapa bimbingan belajar menempatkan banyak murid dalam satu kelas, hampir sama dengan jumlah satu kelas di sekolah. Hal tersebut membuat suasana menjadi tidak kondusif untuk belajar. tapi tergantung pada siswanya juga si.

Bagaimana Sobat Smart? Belajar sendiri di rumah dan mengikuti bimbingan belajar sama-sama memiliki keuntungan dan kerugian kan? tapi kalau di liat dari untung ruginya mendingan ikut bimbingan belajar deh, belajar lebih disiplin, terarah dan bisa mempersiapkan semuanya dengan maksimal dan kalau kamu lulus masuk PTN yang di inginkan pasti kamu dan orang tua kamu juga bangga :)

Ayo semangat untuk meraih cita-cita dan impian kamu untuk membanggakan orang tua, dengan Smartpro Education kalian bisa. 
ssttt Smartpro Education punya rahasia untuk Lulus Masuk STAN, klik disini : "Rahasia Masuk PKN STAN"

Connect with us

Bintaro Sektor 3A, Jl. Pd. Betung Raya No.87A, Pd. Betung, Pd. Aren,

Kota Tangerang Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 15221

  • Office (021) 7374496

  • Mobile +62 838 0789 1577

  • Email smartpro.education@gmail.com

Program Terbaik