BLOG & ARTIKEL

Mengenal apa itu Spesialisasi Manajemen Aset di PKN STAN?

Spesilisasi Manajemen Aset adalah salah satu jurusan di kamput PKN STAN yang merupakan kombinasi dari manajemen, keuangan, ekonomi, tehnik mesin dan praktek kerja yang akan diterapkan pada aset fisik negara supaya mampu menyediakan tingkat pelayanan yang prima dengan biaya efisien.

 

Image

 

Jurusan ini dulunya bernama Spesiliasi PPLN atau Prodi Piutang Lelang Negara.


Proses manajemen aset dilakukan dengan melakukan analisis terhadap data-data yang ada, melakukan inspeksi atas penugasan yang telah diberikan, inspeksi atas sumber daya yang digunakan, biaya, cara kerja dan perubahan yang terjadi. Harus dilakukan akomodasi terhadap perubahan yang ada sehingga semua permasalahan yang timbul akan dapat dikendalikan. Kegiatan manajemen aset dimulai dari kegiatan identifikasi aset, menentukan rating dan melakukan investarisasi aset, penilaian atas kondisi aset serta penilaian atas aset itu sendiri, mencatat sisa hidup aset, siklus pembiayaannya dan menganalisis kesenjangan yang ada. Disamping itu juga harus dilakukan monitoring atas kondisi aset dan audit serta persiapan rencana kerja manajemen aset. Selain itu juga harus dilakukan identifikasi atas kebutuhan atas aset dengan mempertimbangkan persyaratan yang berlaku di masyarakat, ketentuan yang berlaku termasuk atas pemeliharaan dan rehabilitasi yang sedang dilakukan, agar sesuai dengan kebutuhan. Kemudian proses kegiatan manajemen aset juga ditujukan kepada operasional aset tersebut dan sampai dengan dialihkannya aset tersebut kepada fihak lain apabila telah tidak dibutuhkan lagi dan tidak layak lagi untuk dipertahankan keberadaannya (dispossal).

Jurusan manajemen aset hanya memiliki program studi Diploma 3 dan tidak ada program studi diploma 1, untuk penempatannya, manajemen aset biasanya akan di tempat kan di Direktorat Jendral Kekayaan Negara dibawah lingkungan Kementrian Keuangan.

Connect with us

Bintaro Sektor 3A, Jl. Pd. Betung Raya No.87A, Pd. Betung, Pd. Aren,

Kota Tangerang Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 15221

  • Office (021) 7374496

  • Mobile +62 838 0789 1577

  • Email smartpro.education@gmail.com

Newsletter

Enter your email and we'll send you more information