BLOG & ARTIKEL

7 CARA BELAJAR EFEKTIF DIRUMAH SELAMA PANDEMI COVID-19

Halo, Sobat Smart! Gimana kabar kamu semua? Semoga dalam keadaan sehat dan masih tetap mematuhi peraturan Pemerintah untuk physical distancing, ya. Memang, sih, rasanya SFH alias school from home itu bosan banget. Tapi, ini semua demi kebaikan kamu dan orang lain, Sobat Smart. Enggak apa-apa ‘mengurung diri’ dulu di rumah selama beberapa bulan, daripada harus jatuh sakit dan malah masuk rumah sakit, kan?

Anyway, demi mendukung SFH kamu supaya berjalan lancar, Smartpro Blog kali ini mau bagi-bagi tips mengenai cara belajar efektif di rumah, nih. Biasanya, sih, kalau enggak full konsentrasi, belajar di rumah pasti bikin ngantuk. Iya, kan?

Nah, biar kamu enggak gampang ngantuk atau enggak mudah ter-distract, berikut Smartpro Blog bagikan cara-cara belajar efektif di rumah.

1. Tentukan Waktu

Cara belajar efektif di rumah yang pertama ialah kamu harus menentukan waktu atau buat schedule yang mirip seperti di sekolah. Tidak perlu sama persis, kok. Misalnya dengan menerapkan waktu belajar pukul 08.00 sampai pukul 13.00. 

Lalu, selama 5 jam belajar itu, bagikan lagi berapa lama durasi belajar untuk mata pelajaran yang berbeda dan jangan lupa waktu istirahat. 

2. Rapikan Meja Belajar

Setelah menentukan waktu, cara selanjutnya ialah dengan merapikan meja belajar. Gimana kamu mau rajin dan semangat kalau meja belajar kamu berantakan, Sobat Smart? Makanya, momen ini pun bisa sekaligus kamu gunakan untuk ajang bersih-bersih dan membuang benda-benda yang sudah tidak diperlukan.

Pastikan meja belajar kamu cukup luas dan lengang supaya kamu bisa belajar dan berkreasi dengan bebas. Sediakan juga tempat sampah di dekat meja belajar. 

Terakhir, supaya ada sedikit penyejuk, kamu bisa meletakkan tanaman hias atau aquarium kecil.

3. Cari Tahu Cara Belajar yang Sesuai

Sobat Smart, cara belajar tiap orang itu berbeda-beda. Ada yang senang belajar sambil mendengarkan musing, ada yang butuh ketenangan, ada pula yang senang sambil ngemil.

Nah, mencari tahu cara belajar yang sesuai dengan kamu ini bisa menghindari kamu dari kantuk atau rasa malas yang menyerang. Dengan bersantai dan rileks, belajar pun bisa jadi lebih efektif, lho. 

Namun, pastikan cara belajar ini tetap bisa membuat kamu on track alias enggak terdistraksi, ya. Kalau kamu malah ingin belajarnya sambil nonton film, sih, itu enggak akan bikin belajar efektif, Sobat Smart!

4. Cari Media Belajar yang Tepat

Selain mendapat materi-materi belajar dari sekolah, selama SFH pun kamu tentu harus tetap membekali diri kamu dengan media-media belajar lain yang tepat. 

5. Belajar Bareng Teman

Sobat Smart, di zaman yang serba canggih seperti ini, kalau kamu mau belajar bareng teman juga enggak harus dengan ngumpul bareng, kok. Kamu bisa manfaatkan beragam aplikasi untuk video call.

Dengan belajar bareng teman-teman via video call, mungkin kamu jadi lebih semangat. Rasa kantuk dan bosan pun pasti enggak akan ada. Kamu bisa mengajak beberapa teman dan jangan lupa tentukan jadwalnya, ya.

6. Minum Air Putih

Selain menyiapkan tempat, waktu, dan materi pelajaran, kamu juga harus menyiapkan fisik kamu nih supaya bisa tetap fit selama waktu belajar. Untuk itu, jangan lupa selalu sediakan air putih, ya, supaya konsentrasi tetap terjaga.

Tak hanya untuk konsentrasi, rutin minum air putih sebanyak minimal 8 gelas sehari pun bisa bikin kamu sehat. Kamu bisa menyiapkan air putih di botol minum besar supaya enggak bolak-balik ketika belajar.

7. Olahraga

Cara belajar efektif di rumah yang terakhir dan enggak boleh ketinggalan ialah dengan berolahraga. Kamu bisa melakukan olahraga ringan ketika jam istirahat. Cukup dengan stretch up untuk meregangkan kaki, tangan, dan leher. Gunanya, supaya badan kamu tetap bugar dan otak pun bisa terus on.

Dengan berolahraga, kamu pun bisa terus semangat selama waktu belajar berlangsung alias enggak bikin ngantuk. So, semangat ya!

Sobat Smart, itulah beberapa cara belajar efektif di rumah yang bisa kamu terapkan. Tetap stay di rumah dan jangan keluar kalau memang enggak terpaksa banget ya. Ingat, kesehatan adalah segalanya. Tanpa badan dan jiwa yang sehat, kamu enggak akan bisa beraktivitas. Tetap semangat dan berdoa supaya semua baik-baik saja, ya!

 

Connect with us

Bintaro Sektor 3A, Jl. Pd. Betung Raya No.87A, Pd. Betung, Pd. Aren,

Kota Tangerang Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 15221

  • Office (021) 7374496

  • Mobile +62 838 0789 1577

  • Email smartpro.education@gmail.com

Program Terbaik