BLOG & ARTIKEL

3 Alasan Ujian Nasional Tetap Dilaksanakan di Indonesia

Buat kamu yang sudah paling senior di sekolah, sekarang pasti sudah mulai deg-degan 'kan menjelang pelaksanaan ujian? Yup! Ujian Nasional akan serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia pada dua minggu lagi, lho. Tahun ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan kembali melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) atau disebut juga Computer Based Test (CBT). Namun, setiap tahunnya mengapa selalu ada perdebatan dalam pelaksanaannya ya?

Banyak orang yang berpendapat, mungkin juga termasuk kamu, tidak adil rasanya jika kualitas pendidikan yang berbeda-beda di setiap sekolah dari Sabang sampai Merauke harus diuji dengan satu jenis ujian yang berkualitas sama. Tetapi tiga jawaban berikut dapat memberikan alasan mengapa UN tetap harus diselenggarakan dengan berpatokan pada satu standar.

 

1. Mengetahui peta pendidikan Indonesia



Pemetaan kemajuan pendidikan di Indonesia. (Sumber: siap-online.com)

Menurut Kabalitbang Kemendikbud, Khairil Anwar, UN dapat dijadikan pemerintah untuk mengetahui kondisi pendidikan di Indonesia saat ini secara menyeluruh. Hmm, cukup masuk akal juga ya, Sobat Smartpro. Asalkan pemerintah segera tanggap dengan kondisi yang “terlihat” dari UN, bukan sekedar “mengetahui” saja. Sehingga ke depannya akan ada perbaikan kualitas.

 

 

2. Meningkatkan kemampuan siswa

 


Belajar bersama Smartpro Education di Ruang Diskusi. (Sumber: dokumen pribadi)

Adanya satu uji kemampuan yang terstandarisasi dapat dikatakan sebagai upaya meningkatkan kemampuan para siswa. Setidaknya, menjadi lebih tahu harus sejauh mana kamu belajar untuk persiapan UN. Selain itu, sebagai bentuk rangkuman dari seluruh pengetahuan yang sudah didapat selama tiga tahun bersekolah lamanya. Dengan sama-sama mengerjakan soal yang memiliki satu standar seperti ini, juga menghindari kecemburuan sosial antarsiswa karena menganggap soal ujian di satu daerah lebih muda atau sulit.

 

 

 

3. Bentuk evaluasi sekolah

 


Kehadiran UN bisa menjadi pengukur tingkat kognitif (pengetahuan) murid dan salah satu parameter keberhasilan mengajar para guru juga nih. Mereka jadi mengetahui bagian-bagian apa saja yang harus lebih ditingkatkan lagi untuk persiapan UN di tahun berikutnya. Jadi, sebenarnya yang harus mengikuti satu standar itu bukan hanya siswanya saja.

Sejalan dengan tiga alasan di atas, pemerintah juga telah memberikan wewenang pada setiap sekolah untuk tidak lagi menjadikan UN sebagai satu-satunya penentu kelulusan. Karenanya, nilai yang tertera di rapor juga akan menjadi pertimbangan. Kini, tugas kamu sebagai siswa hanya satu. Terus belajar semaksimal mungkin ya!

Ruangguru juga bisa membantumu untuk persiapan UN, lho. Segera foto pertanyaan yang menurutmu sulit saat berlatih soal, dan dapatkan penjelasannya dengan terperinci dari guru online terbaik di Ruang Diskusi! Buatlah #BelajarJadiPraktis. Semoga ujianmu berjalan lancar dan lulus dengan nilai yang sangat memuaskan ya, Sobat Smartpro!

 

 

Sumber

Connect with us

Bintaro Sektor 3A, Jl. Pd. Betung Raya No.87A, Pd. Betung, Pd. Aren,

Kota Tangerang Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 15221

  • Office (021) 7374496

  • Mobile +62 838 0789 1577

  • Email smartpro.education@gmail.com

Newsletter

Enter your email and we'll send you more information