Rabu, 03 Februari 2016

8 Tips & Trik Mengerjakan Soal Tes Bahasa Inggris USM PKN STAN (Part-1)

Belajar Bahasa Inggris itu menyenangkan!
English is Fun!

Kata banyak orang yang mempersiapkan diri untuk USM PKN STAN, mengerjakan soal TBI atau Tes Bahasa Inggris adalah hal yang sulit, dan sering sekali menjadi faktor kegagalan utama seseorang gagal di USM PKN STAN.

Kalau misalnya kamu memilih belajar di Smartpro Education, kami berani berkomitmen untuk meluluskan kamu di USM PKN STAN, kalau tidak, uang kamu akan kita balikkan hingga 80%. Mau tahu info lengkapnya? klik di sini!

Nah, kali ini kami akan mencoba merumuskan sedikit dari banyak strategi atau Tips Trik mengerjakan Soal Bahasa Inggris (TBI) USM PKN STAN, yang kami rangkum dengan judul:
" 8 Tips Trik Mengerjakan Tes Bahasa Inggris. "


Pendahuluan

Umumnya, kalimat dalam bahasa Inggris harus mempunyai satu Subyek dan satu Kata Kerja (a subject and a verb). Karena itu, sangat penting bagi kamu untuk menemukan S dan Verb dalam setiap kalimat. Dalam beberapa kalimat mungkin akan sangat mudah menentukan S dan Verb, tetapi jika dalam kalimat terdapat object of prepositions, appositives, dan participles, bisa membingungkan untuk kita menentukan mana sebagai Subyek dan mana sebagai Verb.

TIPS 1  : BE SURE THE SENTENCE HAS A SUBJECT AND A VERB 

TIPS 1 : Pastikan Kalimat Tersebut Telah Memiliki Subjek dan Predikat


STRATEGI:
  1. Pada skill 1 ini kita akan mulai dengan kalimat 1 clause (kalimat tunggal). Pastikan kalau dalam kalimat itu terdapat subyek dan kata kerjanya.
  2. Mungkin anda diminta untuk mencari subjeknya saja, atau kata kerjanya saja, atau kedua-duanya.
  3. Pastikan juga kalau dalam kalimat itu tidak terdapat subjek dan kata kerja yang berlebihan.

Contoh:
…………..was backed up for miles on the freeway
(A)   Yesterday
(B)   In the morning
(C)   Traffic **
(D)   Cars

Pembahasan: C
Pada contoh ini anda harus sudah menentukan apa yang tidak ada dalam kalimat, dan segera mengetahui bahwa dalam kalimat terdapat kata kerja (was), berarti yang tidak ada subjeknya. Karena kata kerja (was) menunjukkan kata kerja tunggal, maka diperlukan subyek tunggal . Dalam pilihan jawaban  yang merupakan subyek tunggal adalah (C) Traffic, sedangkan jawaban (D) Cars merupakan subyek jamak.


TIPS 2  : BE CAREFUL OF OBJECTS OF PREPOSITIONS

TIPS 2 : Berhati-hatilah pada Objek setelah Preposisi (kata penghubung)
Object of preposition adalah benda atau kata ganti benda yang datang sesudah preposisi (in, at, on, to, by, of, behind, about, above, across, after, against, along, among, around, as, bellow with, dan lain-lain)

Contoh :
(After his exams) Tom will take a trip (by boat)
Kalimat ini terdiri dari 2 object of prepositions. Exams adalah object of prepositions dari after dan boat adalah object of prepositions dari by.

Sebuah object of prepositions bisa membingungkan, sebab dia bisa disalah artikan sebagai subyek dalam kalimat tersebut. Tetapi yang harus anda ingat bahwa kata yang hadir sesudah preposisi (in, at, on, dll) adalah sebagai object of prepositions, jadi tidak mungkin dia berfungsi sebagai subyek.

Contoh:
With his friend …….found the movie theater
(A)   Has
(B)   He **
(C)   Later
(D)   When

Pembahasan: B
Terlebih dahulu anda harus menentukan subyek dan kata kerjanya, seperti contoh di atas, kita sudah menemukan kata kerjanya yaitu found , berarti dalam kalimat itu yang tidak ada subyeknya. Jangan mengira bahwa friend adalah subyek, sebab friend adalah object of prepositions dari with. Jadi jawaban yang benar (B) he.

TIPS 3  : BE CAREFUL OF APPOSITIVES

Tips 3 : Berhati-hatilah terhadap Apositif

Appositives juga bisa disalah artikan sebagai subyek dalam suatu kalimat. Appositives adalah kata benda yang datang sebelum atau sesudah kata benda lain yang mempunyai arti yang sama.

Catatan:
1.     Apabila terdapat dua tanda koma dalam satu kalimat, maka bisa dipastikan kalau subyeknya adalah yang di depan sebelum tanda koma pertama.
Contoh:  Nurul , the best student in the class, got an A on the exam.                    
                  S,                       APP,                       V           

2.     Apabila terdapat satu tanda koma dalam satu kalimat, maka bisa dipastikan kalau subyeknya adalah yang ke dua setelah tanda koma.
Contoh:  A really good mechanic, Toni is fixing the car
                                  APP,                        S         V


TIPS 4  : BE CAREFUL OF PRESENT PARTICIPLES

Tips 4 : Berhati-hatilah terhadap Present Participles

Present participles adalah bentuk kata kerja berakhiran –ing (talking, playing). Dia akan berfungsi sebagai kata kerja kalau di dahului oleh bentuk kata kerja be.
Contoh: The man is talking to his friend
                                  Verb

Present participles berfungsi sebagai kata sifat (adjective) apabila dia tidak dahului oleh bentuk kata kerja be.
Contoh: The man talking to his friend has a beard
                            Adjective

Pada kalimat di atas talking adalah kata sifat dan bukan bagian kata kerja, karena tidak di dahului oleh bentuk be. Kata kerja dalam kalimat ini adalah has.

Contoh:
The child…………playing in the yard is my son.
(A)   Now **
(B)   Is
(C)   He
(D)   Was

Pembahasan: A
Pada contoh ini, child adalah sebagai subyek, dan mungkin anda akan mengira kalau playing sebagai verb. Apabila itu terjadi mungkin anda akan memilih jawaban B atau D untuk melengkapinya, tetapi itu salah, sebab playing disini bukan sebagai kata kerja, anda harus menyimpulkan bahwa playing sebagai bagian dari kata sifat yang tidak memerlukan be dan kata kerja yang sebenarnya dalam kalimat ini adalah is. Jadi jawaban yang benar adalah (A) Now.


Semoga tulisan ini dapat bermanfaat untuk adik-adik semua. Apabila bermanfaat, silakan share artikel ini ya... SEMANGAT SEMANGAT SEMANGAT :D

Share This

1 komentar:

  1. terimakasih sekali sudah berbagi ini sangat bermanfaat pastinya, dan sangat menambah pengetahuan saya, salam dari www.dapurtips.com

    BalasHapus

Contact Us

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *